NGOPI CANTIK #3 SPECIAL BIRTHDAY: BEAUTIESQUAD 101

30 November

Ngopi Cantik #3 Special Birthday: Beautiesquad 101

First and foremost, I wish a very happy birthday to the inspiring Beautiesquad.

As new beauties (named for Beautiesquad’s member), aku berharap semoga Beautiesquad dapat menjadi komunitas beauty blogger terdepan yang selalu menginspirasi banyak wanita di seluruh Indonesia dengan ketertarikan yang sama pada dunia blogging dan kecantikan <3

Pada 11 November lalu, aku mengikuti Ngopi Cantik #3 yang diadakan oleh Beautiesquad menjelang anniversary pertamanya ini. Ngopi Cantik #3 kali ini hadir dengan tema special birthday Beautiesquad 101 yang mengupas tuntas apa itu Beautiesquad, dari awal terbentuk hingga syarat apa saja untuk menjadi member inti dari Beautiesquad. Ini kali pertama aku mengikuti Ngopi Cantik yang merupakan agenda wajib dari Beautiesquad, uhm yes I’ve missed some before karena awalnya aku pikir Ngopi Cantik ini semacam workshop atau event yang mengharuskan kita untuk datang dan bertatap muka. Kalau pun benar begitu, pasti juga hanya diadakan di kota besar saja seperti Jakarta, begitulah pikirku saat itu. But to my surprise, Ngopi Cantik yang digagas oleh Beautiesquad ini diadakan live melalui WhatsApp dengan mekanisme tertentu. Cool, isn’t it? Menurutku pribadi, Ngopi Cantik ini ide brilian yang mampu menghubungkan para beauty bloggers di seluruh Indonesia untuk mengenal satu sama lain, belajar dan berkembang bersama. Selain itu, agenda wajib Ngopi Cantik ini juga dapat menjadi diferensiasi tersendiri dari komunitas-komunitas beauty blogger lainnya. Good job, Beautiesquad!

Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty bloggers Indonesia pada wadah yang sama untuk berkembang bersama. Beautiesquad berdiri pada November 2016 lalu, tepatnya pada tanggal 23 November dimana pada tanggal itu diadakan kolaborasi makeup untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema smokey eyes. Layaknya komunitas pada umumnya, Beautiesquad ini tentunya juga memiliki visi dan misi yang ingin dicapai,

Visi:
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi:
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Setelah tahu apa saja visi dan misi dari Beautiesquad, nggak ada salahnya untuk know more about siapa saja dibalik terbentuknya Beautiesquad dan kepengurusannya kini yang disebut Beautiesquad Officer.

Founder // Virly KA (Main Founder of Beautiesquad), Annisa Pertiwi dan Liana Eka.
Founder memiliki tugas utama dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi Beautiesquad.  Selain itu, founder juga selalu memantau kinerja dari officers dalam melakukan tugas sesuai dengan ketentuan.

Chief Officer // Vina Eska
Chief Officer memiliki tugas untuk melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk dan melaksanakan keputusan yang telah dibuat oleh founder. CO turut membantu founder dalam memantau progress kerja dari officers. Selain itu, CO juga selalu memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogging

Sekretaris dan SEO Analysis // Fuji Astyani
SEO Analysis memiliki tugas untuk membantu mengetahui apakah blog para member sudah sesuai dengan kriteria SEO, baik dari template, penulisan, dan widget pendukungnya.

Community Relations // Lia Melqha, Liana Eka, Ariani Rosidi dan Rahma Brilianita.
Community Relation memiliki tugas utama untuk menjembatani Beautiesquad dengan brand dan menjembatani para member dengan Beautiesquad dan brand. Selain itu, CR juga memiliki tugas penting lainnya untuk melakukan program kerja bulanan seperti collab, Ngopi Cantik, dan proker lain yang akan berjalan.

Social Media Squad // Rani Lukman, Devi Purwati, Khrairunnisa dan Savitri Hutapea.
Social Media Squad memiliki tugas untuk memberikan informasi pada member Beautiesquad melalui media sosial dan menjaga citra Beautiesquad di dunia maya.

Photo Editor Squad // Raydita, Annisa Pertiwi dan Laudita Cahyanti.
Photo Editor Squad memiliki tugas utama dalam membuat keseluruhan desain, dari desain collab sampai desain feed media sosial Beautiesquad.


As I mentioned before, syarat untuk menjadi member inti dari Beautiesquad juga dipaparkan secara lengkap dalam Ngopi Cantik #3 Beautiesquad 101 ini, so here it is! Just in case kalian tertarik untuk menjadi salah satu di antaranya.

1. Punya Blog
Pastikan blog kalian telah memiliki template SEO Friendly dan menarik, baik dari segi foto yang terkonsep, gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca hingga tata cara penulisan yang harus sesuai dengan SEO seperti jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca.

2. Top Level Domain
Beautiesquad berencana untuk melakukan kerjasama dengan brand-brand kecantikan dalam bentuk paid sponsored, sehingga blog dengan Top Level Domain akan sangat diutamakan untuk hal itu.

3. Menulis Konten Beauty Minimal 2 Kali Sebulan
Menulis konten tentang hal-hal yang berkaitan dengan kecantikan minimal 2 kali dalam sebulan di personal blog kalian masing-masing.

4. Disiplin dan Berattitude Baik
Disiplin dalam arti tepat waktu dalam mengumpulkan foto, link collab maupun sponsored post, serta memiliki attitude yang baik seperti bertanya dengan sopan dan berani meminta maaf apabila melakukan kesalahan.

5. Memiliki Fanpage, Instagram dan Twitter
Standar yang ditetapkan oleh Beautiesquad minimal memiliki 500 followers Instagram asli (nggak beli), 100 followers Twitter dan memiliki fanpage Facebook.

6. Aktif
Aktif berkontribusi untuk komunitas Beautiesquad.

7. Rajin Ikut Monthly Collaboration
Syarat lainnya untuk menjadi member inti Beautiesquad harus rajin mengikuti kolaborasi yang diadakan dengan tema tertentu setiap bulannya. Personally, aku belum pernah mengikuti monthly collab yang diadakan oleh Beautiesquad sama sekali karena aku masih belum percaya diri dengan kemampuanku dalam ber-makeup, semoga next collab aku bisa ikut bergabung ya!

8. Lolos dari Pandangan Community Relations, Chief Officer dan Founder
Setelah ketujuh syarat di atas sudah terpenuhi, at the end tinggal menunggu waktu untuk di-notice oleh Community Relations, Chief Officer dan Founder saja. So, good luck, guys!

You Might Also Like

0 komentar